Macam - Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya

Macam - Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya| 

Di dalam artikel kali ini, Penulis akan coba menjabarkan tentang kerajinan tangan dari batok kelapa, mulai dari gambaran besar mengenai kerajinan dari batok kelapa, teknik-teknik khusus yang biasa digunakan pengrajin untuk mempermudah pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa, hingga contoh-contoh kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari batok kelapa.
Sebelumnya penulis ingin supaya kamu lebih yakin kalau tidak ada sesuatupun yang Allah ciptakan, melainkan pasti mempunyai manfaat untuk kehidupan mahkluk lainnya. Diantara beberapa ciptaan Allah itu bahkan ada yang memiliki banyak manfaat untuk mahkluk hidup lainnya, mulai dari bagian ujung bawah hingga ujung atasnya. Nah salah satu dari ciptaan yang memiliki banyak manfaat itu adalah Pohon kelapa.
Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya
Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya

Selama ini kita pasti sudah familiar dengan pohon yang menjadi icon lembaga pramuka indonesia ini, Pohon kelapa terkenal dengan banyak manfaat dan keutamaannya. Semua bagian pohon kelapa memang memiliki kebermanfaatan, mulai dari daunnya yang sering dijadikan janur sebagai pertanda bagi bahwa ada orang yang sedang menikah, buah penuh manfaat dan kesegaran, batangnya yang bisa dijadikan sebagai pondasi bangunan, akarnya yang mampu mengurangi abrasi pantai.
Nah, tapi ada satu bagian yang mungkin sering terlewat untuk dimanfaatkan, yakni batok kelapa. Batok kelapa selama ini cenderung dianggap sebagai limbah dan kotoran oleh sebagian besar masyarakat. Kalaupun ada yang memanfaatkan itupun masih sebatas pada hal-hal sederhana seperti menjadikannya sebagai bahan arang. Masih jarang orang-orang yang memanfaatkan batok kelapa sebagai suatu karya seni, padahal kreasi kerajinan tangan dari batok kelapa memiliki banyak peminat, mulai dari pasar lokal hingga manca negara, seperti Jepang, Australia, Amerika, Eropa dan lainnya.
Mungkin, proyek pengerjaan yang tergolong rumit menjadi salah satu penyebab kerajinan tangan dari batok kelapa jarang diminati oleh masyarakat indonesia, padahal dimana ada masalah justru disitu ada peluang bisnisnya.
Di tangan bapak Nur Rofiq -seorang pengerajin dari batok kelapa asal yogyakarta- beliau berhasil menemukan solusi kreatif, agar batok kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Dengan solusi kreatifnya tersebut beliau kini mampu memiliki penghasilan dengan omzet milyaran. Berikut adalah beberapa teknik dan langkah sederhana yang beliau lakukan, dalam membuat kerajinan tangan dari batok kelapa
.

Trik-Trik Yang Bisa Dilakukan Dalam Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa Agar Untuk Mempermudah Pengerjaan

o Pilih batok kelapa yang sudah tua dan memiliki tekstur keras.
– Ciri-ciri dari batok kelapa yang sudah tua dan memiliki tekstur keras adalah, bagian potongannya memiliki warna kehitaman
o Persiapkan alat-alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa
– Alat-Alat : Pisau, Gergaji/ Be/si, Pecahan kaca, Amplas dan lainnya
– Bahan-Bahan : Lem kayu, Daun pisang kering, Cat pernis dan lainnya
Langkah-langkah dalam Pembuatan Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa
1. Bersihkan batok kelapa dari sisa-sisa serabut dengan menggunakan amplas kasar
2. Bersihkan kembali batok kelapa dengan menggunakan amplas halus, supaya bagian permukaan batok kelapa terasa halus
3. Bersihkan lagi batok kelapa untuk yang 3 kali dengan menggunakan daun kering, agar permukaan batok kelapa terlihat mengkilat
4. Potong bagian batok kelapa menggunakan gergaji besi sesuai dengan pola dan ukuran yang sudah ditentukan
 

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Dibawah ini adalalah beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat di rumah, mulai dari yang memiliki tingkat kerumitan sederhana, tingkat kerumitan medium, hingga tingkat kerumitan yang cukup kompleks

 Kerajinan Tangan dari Batok kelapa denga Tingkat Kerumitan Sederhana

a Tempat Perhiasan dari Batok Kelapa
Untuk membuat tempat perhiasan dari batok kelapa, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti yang sudah kita bahas di atas.
Kotak perhiasan dari batok kelapa ini juga memiliki keamanan yang cukup, jika untuk menaruh perhiasan-perhiasan kamu yang bersifat mainan atau aksesoris.
b  Kancing Baju dari Batok Kelapa
Untuk membuat kancing baju dari batok kelapa, kita hanya akan melalui beberapa langkah sederhana, seperti pemotongan pola, pemberian lubang pada kancing, pengamplasan, dan terakhir pemberian warna pada kancing

 Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dengan Tingkat Kerumitan Medium

a Cangkir Teh dari Batok Kelapa
Kamu bisa menikmati indahnya pagi dengan nuansa yang jauh lebih natural, dengan efek khas yang diberikan oleh cangkir dan cerek yang dibuat dari batok kelapa ini.
b Bandul Kalung dari Batok Kelapa
Selain bisa menjadi perhiasan bagi diri kamu pribadi, kamu juga bisa menghadiahkannya kepada sahabat atau orang tercinta. Suatu kebanggaan saat hasil karyamu menjadi benda favorit yang mereka selalu gunakan.

 Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dengan Tingkat Kerumitan Kompleks

a Lampu Tidur dari Batok Kelapa
Untuk kamu yang menyukai sesuatu yang bersifat natural dan klasik, varian lampu tidur dari batok kelapa bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain karena fungsinya, warna dan aroma yang diberikan lampu tidur dari batok kelapa juga akan memberikan kamu efek ketenangan selama kamu terlelap dalam tidur.
b. Kerajinan Perahu Layar dari Batok Kelapa
Untuk jenis kerajinan yang sati ini memang memilik tingkat kesulitan kompleks. Penulis sendiri pernah mencoba membuatnya, tapi karena sifat tidaksabaran dari penulis, akhirnya proyek gagal sebelum semua proses pembuatan kerajinan berhasil dilakukan, hehehe
Kalau kamu bisa membuatnya berarti kamu memiliki kesabaran dan ketekunan tingkat tinggi
Demikianlah,
Macam---Macam-Kerajinan-Tangan-dari-Batok-Kelapa-dan-Cara-Membuatnya dan
beberapa penjelasan yang bisa penulis berikan mengenai kerajinan dari batok kelapa, dari mulai teknik-teknik khusus dalam pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa, hingga contoh-contoh kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari batok kelapa.



Terima Kasih Anda sudah membaca http://ogibicara.blogspot.co.id Macam - Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya